10 Oct 2015

Bingung Mau Buka Usaha?. Coba Mulai Dari Passion yang Kita Punya

Setidaknya ada 6 hal yang berhubungan dengan passion yang bisa kita pakai sebagai ide untuk membuka usaha.

  1. Passion dalam bidang Fashion
  2. Passion dalam bidang Kuliner 
  3. Passion dalam bidang Olahraga
  4. Passion dalam bidang Pertanian / Berkebun 
  5. Passion dalam bidang Hewan Peliharaan  
  6. Passion dalam bidang elektronik

Peluang Usaha yang diambil dari Passion dalam bidang Fashion. ^_^'
 
Kita bisa mencoba memulai usaha di bisnis fashion. Misal fashion pakaian syar'i sekarang sudah ngehits looh, apalagi kaum hawa khususnya para muslimah sekarang sudah memulai  menapaki era baru yaitu bareng-bareng hijrah ke kehidupan yang lebih baik dengan melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslimah untuk menutup aurat sesuai syariat Islam. 

Disini kita bisa ambil peluang dengan menyediakan pakaian muslimah yang nyaman, menutup aurat, tidak menampakkan lekuk tubuh, tidak terawang tetapi tetap mudah dipakai dan tetap elegan.

Kita bisa memulainya dengan menjadi reseller atau kalau modalnya minim banget, bisa cari supplier yang membuka peluang kerjasama dropship. Tapi ingat ya, buat akad yang jelas biar berkah dan laris manis usahanya. (Berikut salah satu supplier pakaian syari yang membuka peluang kerja sama dropship: hijabsupplier.com)

Salah satu produk khimar segi empat bidang besar dari Hijab Supplier

Selanjutnya simpan sebagian keuntungannya untuk modal buat brand sendiri, dimulai dengan cari referensi bahan-bahan yang bagus dan nyaman, namanya apa dan belinya dimana. Nah kalau udah dapat, silakan di jahitkan. Kita bisa pakai jasa orang lain, carilah tukang jahit kampung yang hasil jahitan dan potongannya rapi. Dengan memakai jasa mereka, kita bisa menghemat ongkos jahit, karena biasanya mereka memberikan patokan upah jasa jahit yang lebih murah.

Agar usaha kita bukan sekadar untuk hari ini saja tetapi bisa tetap berlanjut dalam jangka panjang, beberapa hal berikut ini sebaiknya kita lakukan:

1. Harus rajin promosi. 
2. Rajin sedekah.
3. Perbanyak dan sering-sering Berdoa.  
4. Lalu, buatlah catatan untuk hal-hal berikut ini:
  • keuangannya: alur masuk dan keluar, untung dan rugi
  • barang masuk dan keluar
  • Data supplier, konsumen dan calon konsumen seperti nama, alamat, no hape, email, pin BB
Catatan poin ke 3 bermanfaat sebagai bank data kita untuk re-promosi buat produk selanjutnya. Sedangkan untuk poin pertama yaitu data keuangan, ini suatu saat bisa kita gunakan sebagai bahan mendapatkan pinjaman modal. Apalagi kalau catatan keuangannya bagus. InsyaAllah dimudahkan.

5. Kalau kita memang niat untuk nyari modal tambahan 
Carilah pinjaman yang bebas dari riba. Sekali lagi, biar berkah. Karena apa? karena riba itu menghanguskan. Bohong kalau itu membantu, walaupun berlabel syariah atau koperasi kekeluargaan yang namanya pinjaman dengan bunga walau 0,01% tetap saja riba. Ingat ya kawan, jauhkan diri dari riba. Jangan ngeyel biar g nyesal. Iya kalau diberi umur panjang bisa tobat, nah kalau wasalam, rugi dunia rugi akherat, Nauzubillah. Semoga kita semua dijauhkah dan diselamatkan dari riba. Aamiin.

Terus caranya gimana biar bisa dapat modal?. 
Ada banyak cara, tetapi disini saya bagikan 2 dulu ya. soalnya yang sebagian lainnya ada di otak tetapi saya masih bingung ngomongnya gimana. Dua dulu aja ya. 

Pertama. Kerjasama bagi hasil. 
Cari pihak yang mau diajak kerjasama dengan sistem bagi hasil (Untung rugi dipikul bersama). Kita bisa ajak teman, orang tua, saudara atau perusahaan. Buat kesepakatan yang jelas, persentase keuntungan buat kita berapa, pemodal berapa, dll, semua harus jelas  tidak hanya di ucapkan saja tetapi juga tertulis dan di teken bersama. Pakai semboyan: teman ya teman, saudara ya saudara, kalau dalam bisnis ya tetap loe jual gua beli, Gue minjam tetap harus balikin. 

Kedua. Ajukan bantuan modal usaha atau dana hibah ke perusahaan atau badan pemerintahan. Biasanya di bagian CSR nya. Buat proposal yang bagus. Bisa search di internet contoh proposalnya.


Udah itu aja dulu ya .. share buat malam ini.
Selamat istirahat.

Untuk ulasan passion 2-6nya silakan baca di tulisan saya selanjutnya..
Terimakasih. Jika dirasa bermanfaat silakan di share. 


No comments:

Post a Comment