16 May 2015

Cara Membersihkan Kerak yang Membandel Pada Peralatan Dapur

Pagi ini saya lihat tayangan yang menarik di chanel televisi lokal daerah saya, informasi yang disampaikan sangat menarik dan tentu bermanfaat banget. Jarang-jarang tayangan yang seperti ini.
Tayangannya tentang informasi cara membersihkan kompor gas yang berkerak, dan tips ini juga bisa untuk kompor minyak ataupun peralatan dapur lainnya.

Sebenarnya kompor gas bisa tetap tampil bagus tanpa berkerak kalau setiap selesai menggunakannya langsung dibersihkan, namun nyatanya kebiasaan kita biasanya adalah menunda untuk membersihkan dengan alasan nanti saja kalau sudah tidak lelah toh g kotor, lalu lupa dan pas inget masih kebawa malas dan pakai alasan baru, besok aja. Pas besoknya pakai alasan lain lagi, belum kotor-kotor amat, bersihinnya tiap minggu aja. Pas sudah seminggu, emang betul di kerjain. Tapi untuk selanjutnya, g rutin. Malah kadang udah lewat dari waktu buat bersihin. Dan pas sadar, si kompor gas sudah berubah tidak kinclong lagi, kerak bandel dimana-mana. Sudah coba bersihin pakai cairan pembersih cuci piring masih saja belum bisa hilang. Ternyata membersihkan dan menghilangkan kerak bandel di kompor gas caranya mudah dan murah, cukup menggunakan bahan yang ada di dapur, yaitu dengan baking soda. 

Berikut langkah-langkah membersihkan kompor gas dengan menggunakan baking soda:
Pertama - Bersihkan kompor gas seperti biasa. 
Ke dua - Setelah kompor gas bersih dari minyak dan lainnya. Taburkan baking soda di bagian kompor yang berkerak. 
Ke tiga - Tetesin sedikit air, diamkan sebentar kurleb 30detik.
Ke empat - gosok pelan bagian berkerak tersebut dengan tangan (jangan lupa pakai sarung tangan, agar tidak terluka) sampai kerak sedikit demi sedikit rontok. Lalu buang.
Ke lima - Setelah tahap ke empat selesai, bersihkan sisa kotoran dan kerak dengan menggunakan lap yang sudah dibasahi.
Ke enam - Ulangi lagi  tahap ke 2 s.d 5 untuk kerak yang tebal.
Ke tujuh - Setelah bersih dari kerak lakukan tahap akhir, yaitu membilas kompor gas dengan menggunakan lap basah untuk menghilangkan sisa baking soda yang mungkin masih menempel. 
Ke delapan - Selesai. Kompor gas anda kembali kinclong.

Sebenarnya dalam tayangan tersebut, terdapat informasi tambahan bahwa ada yang mengatakan untuk membersihkan sisa baking soda, bisa menambahkan sedikit cuka. Namun pemberi tips bilang cukup memakai air saja. 

Sekian tips ini, semoga bermanfaat. Jika ini menarik, silakan di share. Terimakasih.