21 Mar 2015

Keripik Getuk Peluang Usaha Rumahan Buat Ibu Rumah Tangga


Gambar keripik di bawah pasti pada tau dan kenalkan tapi rata-rata kita tidak tau namanya, betul ngga'?!. Saya juga baru tau namanya dua minggu lalu padahal keripik ini sering saya temui dari kecil. Namanya keripik getuk. Rasanya gurih, renyah dan tentu enak. Makan sebungkus saja kurang. Apalagi keripik getuk pedas, hmm ... yumii.

Keripik Getuk by ruthdea.blogspot.com
Keripik getuk ini murah meriah dan mudah ditemui dipasar dan tentu dengan harga sangat terjangkau. Satu kilogramnya saja banyak. Biasanya dipasar dijual keripik getuk yang masih mentah belum digoreng.

Kalau di toko-toko dijual keripik getuk yang sudah digoreng dengan dua rasa, biasa dan pedas dengan ukuran plastik seperempat. Biasa dijual dengan harga seribu rupiah perbungkus. 

Tidak setiap saat ditoko ada yang menjualnya, kadang musim-musiman, sepertinya tergantung mood pembuatnya.

Walau keripik getuk mudah didapat dan harganya juga murah, banyak yang malas mengolah keripik getuk mentahnya. Nah disini peluang buat ibu-ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan dengan modal minim. Ingat saja "Dimana Ada Orang Malas di Situ ada Peluang". 

Saya sendiri juga termasuk yang malas membuatnya, ide sudah sering melintas dikepala tetapi hanya tinggal ide saja tanpa action. Akhirnya ide saya didahului oleh orang lain, tetapi disini saya masih kecipratan untung. Saya diminta tolong untuk menjual keripik getuk miliknya. Saya mau dong kan untungnya lumayan tetapi dengan syarat keripik getuknya yang bungkus besar, saya tidak mau yang ukuran kecil yang harganya seribuan. Alasan pertama karena fee yang didapat kecil dan kalau mau banyak harus menjual lebih banyak kebanyak orang, itu artinya saya butuh waktu lama untuk menghabiskan barang yang saya jual. Kedua karena alasan pertama tersebut, itu artinya saya harus stay seharian buat jualin keripik getuk tersebut, dan itu artinya bukan lagi sebagai jualan sambilan. Ketiga karena alasan kedua tersebut, itu artinya cost pengeluaran dan waktu juga bertambah. :D

Untuk itu saya menjual keripik getuk yang perbungkus isinya kurang lebih satu ons kira-kira seukuran plastik satu kilogram). Dari sini saya mendapat fee seribu rupiah perbungkus, lumayan kan kalau 30-40 bungkus terjual. Dan saya hanya butuh waktu 1 jam buat jualan ni keripik sampai habis. Per hari artinya saya punya penghasilan tambahan 30ribu - 40 ribu. Tapi disini pembuatnya hanya membuat 3 hari sekali. Yeah its ok namanya juga sambilan. 

bersambung  (ciyus saya ngantuk banget ini) 
InsyaAllah selanjutnya saya mau share lanjutannya tentang tips usaha keripik getuk dan cara memasarkannya.