1 Nov 2015

Aneka Keripik di Indonesia

Salah satu jenis keripik, Keripik Gethuk

Kebanyakan dari kita sudah familiar dengan olahan makanan keripik dari ubi kayu, pisang, ubi rambat, kentang dan talas. Tetapi masih banyak yang belum tau kalau selain bahan baku tersebut, kita bisa membuat keripik dari tanaman lainnya seperti tanaman di bawah ini.

a. Bonggol Pisang

Bonggol pisang yang biasanya dipakai untuk pakan ternak ternyata bisa diolah juga looh menjadi cemilan keripik, dan didalamnya mengandung banyak manfaat seperti vitamin A dan C, Karbohidrat, Protein, Zat besi dan kalsium.

Gimana tertarik untuk mencoba keripik bonggol pisang?

Selain bisa di konsumsi sendiri, keripiknya bisa jadi peluang usaha buat kamu. Coba deh, kita kreasikan juga rasanya menjadi berbagai rasa. Misal balado, pedas, super pedas, rendang, pedas manis atau lainnya. Mau bumbu praktis, kita bisa menggunakan aneka bumbu rasa untuk keripik yang siap pakai, sudah banyak yang menjual tinggal kita yang selektif memilih kualitas bumbu jadinya.
 
b. Buah-Buahan dan Sayuran
Selain dari buah pisang, olahan keripik lainnya adalah keripik apel, salak, nangka dan daun bayam. Untuk rasa ... hmm yummi banget sebungkus kagak cukup, apalagi kalau berbagi, hahaha ... tambah g' cukup. ^_^'

Keripik apel dan salak yang pernah saya icip, rasanya gurih manis tapi g' ngebosenin, manisnya pas. Kalau nangka, jujur baru sekedar tau tapi belum pernah nyicip.

Untuk keripik daun bayam, buatnya gampang-gampang sulit, kalau salah bisa - bisa keripiknya g renyah alias lempem berminyak. Tipsnya supaya hasil keripik bayamnya cantik dan renyah, pastikan minyak goreng sudah panas baru masukkan daun bayamnya. Jadi harus sabar ya, jangan minyak masih dingin sudah main cemplung saja. Selanjutnya keripik bayam yang sudah di goreng ditiriskan dulu di penirisan minyak, baru ditiriskan lagi ke tisu, agar minyak terserap ke tisu.

Kalau mau di simpan di toples atau dikemas diplastik buat yang mau dijual, pastikan keripik bayam sudah dingin. Jika menyimpannya saat masih panas, lalu kita tutup, akan menyebabkan uap tidak bisa keluar yang bisa membuat keripik melempam alias tidak renyah dan panganan tidak tahanlama.

c. Keripik Ikan

d. Keripik Belut

Keripik belut cemilan yang paling enak dan memiliki kandungan gizi yang tinggi, tapi sayang masih banyak yang geli untuk mengkonsumsinya. Tapi buat yang mau usaha keripik belut jangan kecil hati, karena peminatnya banyak looh, termasuk saya. ^_^'

e. Jamur
Nah kalau jamur bisa juga dibuat jadi keripik, tapi jamur yang aman yaah buat dikonsumsi.

Oh ya, selain di atas ada juga looh keripik pare dan keripik getuk, rasanya juga enak.

No comments:

Post a Comment