25 Apr 2015

Sehat Itu Baru Terasa Kalau Sudah Sakit

Setelah sakit baru kerasa banget nikmat sehat itu enak dan sakit itu sendiri walau  g enak termasuk nikmat besar dari Allah. Dengan sakit  saya mendapatkan banyak hal, antara lain 
  • Eling -  saya jadi sadar banyak salah sama orang lain maupun diri sendiri dan ingat kalau sehat itu nikmat Allah yang kapan saja bisa Allah ambil, jadi jangan sombong.
  • Iklas - saya jadi lebih lapang memaafkan orang lain. Mungkin ini karena dengan sakit, hati saya melembut, fikiran jadi terang dan mengambil sisi positif dari hal buruk yang dilakukan orang lain tanpa terhasut oleh nafsuh amarah.
  • Lapang - karena iklas tadi, fikiran, hati dan hidup terasa lapang dan tentram, bebas dari sakit hati sebab dendam dan amarah.  Rasanya plong banget.
  • Hati-hati - saya jadi tau kalau hidup itu tetap harus hati-hati / jaga-jaga walau tubuh sehat, bukan berarti g bisa tumbang. 
  • Bersyukur - karena berdasarkan tausiah yang pernah saya baca, dengan adanya sakit, dosa-dosa kita di ampuni.
      •  ”Tidaklah seorang Muslim ditimpa gangguan berupa penyakit dan lain-lainnya, melainkan Allah menggugurkan kesalahan-kesalahannya sebagaimana pohon yang menggugurkan daunnya.” (Bukhari-Muslim)
  • Doyan makan - Habis sakit saya jadi doyan makan, seperti pagi ini saja saya banyak banget makannya, bangun tidur langsung minum air putih segelas, selesai shalat sarapan segelas besar teh tubruk, roti gabing abon, kue donat kampung dan comro, ditambah lagi sepotong donat besar dengan topping coklat, lanjut lagi mie celor goreng pedas.
  • Air Putih - Biasanya saya jarang banget minum air putih, tetapi sejak sakit saya jadi sering minum air putih, karena keinginan pengen cepat sembuh.
Lalu apa hubungan banyak minum air putih dengan cepat sembut?. Silakan browsing di internet atau tanya langsung ke bu dokter, tetapi kalau menurut saya pribadi karena saat sakit kita banyak mengkonsumsi obat dan vitamin saat masa penyembuhan, disini air putih berguna untuk membantu kerja ginjal agar tidak terlalu berat. Lebih-lebih lagi saya juga mengkonsumsi obat herbal berupa jamu buatan sendiri, jadi penting banget banyak minum air putih. Dan juga untuk mengatasi dehidrasi yang dialami tubuh.