4 Jul 2015

Taukah Kamu Fakta Unik Tentang Garam?

Sumber: https://stocksnap.io

  1. Pada abad pertengahan di Jerman terdapat rute transportasi khusus garam. Dan rute ini masih ada sampai sekarang. 
  2. Pada Abad Pertengahan, harga garam sangat mahal sehingga garam disebut sebagai emas putih. Bahkan harganya bisa melebihi harga emas. 
  3. Di Guerande, Prancis, terdapat Fleur de Sel atau Bunga Garam, yaitu garam kualitas terbaik yang sangat dicari dan harganya sangat mahal. Hal ini dikarenakan cara pembuatannya menggunakan  keranjang khusus untuk menyaring air laut, yang merupakan cara yang sama dengan yang dilakukan oleh bangsa Celtic kuno
  4. Natrium klorida atau garam terbentuk ketika logam natrium yang tidak stabil bereaksi dengan gas khlor. Dan garam merupakan satu-satunya keluarga batuan yang dimakan secara teratur oleh manisa. 
  5. Tahun 1800-an harga garam 4x lebih mahal daripada harga daging sapi. Garam diperlukan untuk menjaga agar manusia dan ternak tetap hidup
  6. Tentara Romawi banyak menghabiskan uang gajinya untuk membeli garam.
  7. Di Amerika Serikat, hanya 6% dari garam yang digunakan dalam makanan, sedangkan 17% digunakan untuk mencairkan es di jalanan saat musim dingin.
  8.  Menjelang abad 20, garam masih digunakan sebagai alat pembayaran di Ethiopia yang dahulu bernama Abyssinia.
  9. Salar de Uyuni adalah padang garam paling besar di dunia dengan luas 4.000 mil persegi. Padang garam ini terdapat di Bolivia.
  10. Garam hitam dapat ditemukan di India. Garam ini terbentuk dari percampuran biji harad ke dalam garam berwarna putih. Gumpalan garam berwarna hitam akan terjadi ketika campuran tersebut menguap.
  11. Air laut sangat asin, dan jika kita mencoba meminumnya kita akan merasa hendak muntah. Tetapi sebenarnya mie instan yang kita makan ternyata jauh lebih asin dibanding air laut.
  12. Di Mesir garam digunakan untuk mengawetkan mumi.
  13. Sedangkan di China pada zaman dahulu digunakan sebagai bagian ritual bunuh diri dengan cara mengonsumsi garam berlebih.
  14. Di Indonesia garam dipakai sebagai penolak bala oleh sebagian masyarakat dengan menaburkan garam kasar di rumah bagian depan atau gapura sambil membaca doa. 
  15. Di Jepang, garam berbentuk gunung dalam piring kecil yang ditaruh di depan rumah atau warung makan. Mereka meyakini hal ini sebagai alat agar ketidakberuntungan tidak dapat masuk ke dalam rumah tersebut.
  16. Natrium adalah kunci untuk pengoperasian semua sinyal di dalam, ke dan dari otak.
  17. Pajak garam telah menyebabkan terjadinya banyak perang, dan pajak garam pula yang menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang Perancis memberontak terhadap Raja mereka dalam Revolusi Perancis. 
  18. Gerakan damai March Garam yang dilakukan Mahatma Gandhi dan pengikutnya juga dipicu tingginya pajak garam. Gerakan ini akhirnya melahirkan cara perjuangan Gandhi yang terkenal dengan nama satyagraha.
Hmm... ada 18 fakta unik tentang garam, silakan komentarnya kalau ada yang mau nambahin.  

No comments:

Post a Comment