8 Mar 2015

Geblek atau Cireng (Aci Digoreng) buatan mamak

Minggu pagi ini kewarung niat beli kopi dan kue pia buat sarapan, e terbeli juga tepung sagu/tapioka buat digoreng. Pengen banget makannya dari sejak lihat iklan seliweren di beranda facebook maupun paman google tentang cireng salju (aci digoreng) Bandung. Kalau mamak saya bilang geblek*.

Buatnya mudah banget dan tentu murah, seperempat kilo saja bisa jadi banyak. Paling enak makannya saat masih baru diangkat dari penggorengan (hmm kriuk diluar empuk didalam). Apalagi kalau dibarengi sama cocolan sambel gula merah dkk. Sayangnya didapur lagi g' ada gula merahnya.


Geblek yang sedang di goreng.
Makanan penuh memori masa kecil
Geblek ini makanan yang ngangenin bagi saya, karena hanya lihatnya aja bisa ngerasa bahagia. Soalnya ngingeti masa-masa waktu kecil saat bermain tiba-tiba tercium aroma sedap dari dapur diiringi suara gemericik minyak panas (dan menurut saya itu suara yang indah). Dan saat kedapur terlihat disamping kompor ada gorengan yang sedang ditiriskan, dengan tanpa basa basi langsung nyamplok tu gorengan yang bernama geblek/cireng  walau masih panas. Hehehe megangnya kalau g ada garpu ya pakai tangan dengan teknik megangnya dibolak-balik dari satu tangan ke tangan lain dan sesekali gigit sedikit  sangking g sabar nunggu dingin. Lalu berlari menuju tempat bermain dan kalau sudah habis geblek ditangan balik lagi kedapur ambil yang baru. Begitu seterusnya sampai g nyadar sudah ngabisin banyak.

O yah kalau biasanya kata mamak geblek itu buatnya dibentuk seperti cincin kayak angka 8. Tapi kalau mamak g mau ribet, langsung aja digoreng acak toh habis juga. Anak-anaknya pada doyan makan sih. Kadang mamak sampai kesal dibuat kami, karena belum selesai semua dimasak makanannya sudah habis duluan. wkkk sampai g ada yang untuk disimpan buat nyemil untuk sore.

Ya sekian dulu cerita pagi menjelang siang ini. Btw itu geplek bisa jadi peluang buat yang mau  penghasilan tambahan. Dan kalau g mau repot buatnya kamu bisa googling diinternet tentang "cireng". Sudah banyak kok yang buka peluang usaha reseler cireng tapi harus tetap selektif ya milih agennya baik dari segi keamanan produk dan legalitas usahanya. Jangan sampai kamu rugi karena ketipu, apalagi sampai jual makanan yang berbahaya. G apa harga sedikit lebih mahal asal produk dan penjualnya lebih baik dari yang lain.

Untuk yang mau memulai usaha tetapi g mau repot, tipsnya untuk permulaan cobalah beli satu dulu sebagai sampel. Dari sini kamu bisa tau rasa, bentuk, kemasan, dan berapa lama daya tahan produk. Dan yang juga perlu diperhatikan  adalah estimasi barang sampai ke tangan kamu dan/ pelanggan kamu.


*Geblek bisa dua arti tergantung pengucapannya
Geblek = Makanan dari tepung tapioka/sagu yang digoreng
Geblek = Bodoh