16 Mar 2015

Saat Kenal Komputer Banyak Takutnya

Dulu waktu pertama kali kenal sama yang namanya komputer dan internet saya benar-benar gaptek. Pegang mouse saja kaku banget sampai badan juga ikut gerak, tekan tombol power saja takut dan sering lupa yang mana tombol power (sstt... sebenarnya takut salah pencet), pegang CPUnya juga takut (takut kesentrum) wkkk tapi serius saya dulu kalau pegang CPU sering kesentrum, belum lagi kalau ada kabel yang belum kesambung atau terlepas terus  disuruh colok mencolok takut kalau salah komputernya malah MELEDAK wkwkkkk, aduh pokoknya banyak banget yang ditakutin.

foto by ruthdea.blogspot.com
Kalau komputernya sudah nyala masih ada takut bin bingungnya dari yang mikir  : "bisa nggak ya? susah banget", "bahasanya Inggris pula",  "apa lagi ini?", "Save - Save As, aaa g ngerti yang ngerti cuman Open", "waaa kalau salah nyimpan gimana, ulang buat dong", "Aduh rusak g' ya kalau pencet ini", "Nanti dulu aja, tanya sama big teacher", "Waduuh kok mousenya g mau gerak", "Waahh komputernya mati sendiri, gimana nie", "layarnya mati tapi kok lampu CPUnya masih hidup, waa apa yang salah", "Aduh kok mereka lancar-lancar aja, aku nggak", "Waa... mousenya gerak sendiri", "aduh lupa cara matiin komputernya -langsung cabut colokan-, besoknya ketauan sama big teacher" Dan masih banyak banget. Untungnya my teacher itu sabar banget dan suport kita semua. Hal-hal seperti ini pernah dan kadang sering banget terjadi.

Saya masih ingat dengan pertanyaan saya, "Pak bapak ni hebat ngerti semua padahal bahasanya Bahasa Inggris, kalau kami kapan bisanya ya Pak? sebanyak ini Bahasanya Inggris semua. Inggris kami be jelek, disuruh hapalin kosakata, cuman sedikit bisanya." Terus my teacher jawab "Tentu nanti kamu bisa kalau sering mengoperasikannya, g perlu pintar bahasa Inggris nanti dengan sendirinya kamu mengerti."  Dan benar saja saya bisa karena terbiasa, malah dengan sering praktek komputer saya lebih banyak tau kosakata Bahasa Inggris. Dimulai dengan kata Power, Restart, Open, Save Close, Minimize dan Maximize. :D

Dan waktu itu media penyimpanan eksternal yang sering digunakan adalah disket (diskette). Dan bagi saya harga per satu nya saja mahal. Kalau ada yang pakai flasdisk itu udah keren. Ingat  waktu pertama kali punya flasdisk (walaupun dibeliin) itu senang banget sampai dikalungi kemana-mana (modus pamer), kalau kebentur sudah suport jantung takut rusak padahal isinya g penting-penting banget. hahaha

Terus yang bikin semangat belajar komputer itu, saat tau kalau di komputer ada gamesnya. Games kartu saja sudah asyik banget apalagi games yang g pernah saya selesaikan sampai sekarang Games "Harry Potter". Dari situ rajin banget ke labor.

Ya cukup sampai disini dulu, intinya sih "g ada yang g bisa". Asal dibiasakan dan berlatih terus. 
Buat yang baru belajar SEMANGAT YA! ....