20 Mar 2015

Getuk Lindri Kue dari Olahan Singkong yang Super Lezat dan Ngangeni

Getuk Lindri, Cenil, Klepon dan Ongol-Ongol by ruthdea.blogspot.com
Sudah lama banget saya tidak makan getuk lindri, disini dikotaku sangat jarang yang berjualan getuk lindri, kalaupun mau harus kepasar subuh. Sudah taukan getuk lindri merupakan makanan khas Indonesia dari Jawa yang terbuat dari Singkong (Ubi Kayu) yang dihaluskan dengan cara digiling bersama gula dan vanili. Bentuknya  seperti mie menyatu  rapi lalu ditaburi parutan kelapa. Sungguh enak dan mengenyangkan buat satu potong getuk lindri sesuai dengan pengorbanan tenaga dan waktu pembuatannya.

Ingat betul waktu SMK saya juga berjualan getuk lindri, getuk tersebut saya jajakan ke kelas-kelas bersama kue lainnya saat pagi sebelum jam belajar dimulai. Untuk itu ibu dan bapak sudah bangun saat dini hari sekitar jam 2 pagi untuk membuat getuk lindri. Dari mengukusnya sampai menggilingnya itu butuh waktu yang lama. Terlebih lagi menggilingnya 2 kali, padahal sebenarnya 1 kali giling saja getuk sudah jadi. Tetapi Ibu tidak mau, karena rasanya akan kurang enak begitu kata Ibu. Wah tapi gilingnya itu capek bingit dan biasanya saya hanya bantu giling kadang-kadang saja, soalnya hasil gilinganku putus-putus dan super lama kerjaanku. Bisa kesiangan kalau begini kata Ibu sambil tertawa kecil.

Akhirnya saya bisa makan getuk lindri lagi!
Awal ceritanya dapat bbm dari seorang teman yang satu kelas dengan saya, dia kepengen banget getuk lindri dan mau pesan getuk lindri saya. Saya menolak pemesanannya dengan halus karena tidak lagi membuat getuk lindri disebabkan mesin giling manualnya sudah rusak dan untuk bahannya berupa singkong juga sulit karena singkong untuk membuat getuk lindri tidak bisa sembarang singkong. (silakan baca jenis singkong yang bagus untuk membuat getuk)

Akhirnya teman saya kayaknya dapat tu getuk lindri, tapi ntah dimana belinya. hehe. Yah sayanya masih ngayalin saja tu getuk lindri. Tapi Alhamdulillah setelah beberapa lama saat dalam perjalanan mengantarkan buku katalog barang jualan saya ke salah satu rumah teman sekampus dulu, tidak sengaja saya lihat di etalase warung pinggir jalan ada jajanan warna-warni (hijau, putih, merah). Saat itu saya tidak tau jajanan apa itu yang dijual disana, maklum mata saya dua-duanya minus banget (dalam hati berharap disana ada getuk lindri).  Setelah dari rumah teman saya mampir ke warung tersebut, wah ternyata benar dietalase warung ada getuk lindri diantara jajanan lainnya seperti klepon dan cenil. Langsung deh saya beli beberapa potong, minta dibungkus terus pulang ke rumah. Kata Ibu getuknya enak, teksturnya saja kurang karena sepertinya ini digiling hanya satu kali.

Walau tempatnya jauh banget dari rumah dan rute jalannya  g' saya sukai, tapi mau tidak mau kalau lagi pengen banget getuk lindri saya cau kesana. Sekian cerita saya tentang getuk lindri. Oh ya buat yang mau buat getuk lindri jangan lupa baca juga tips memilih singkong yang baik