26 Apr 2016

LIMA BEKAL MERAWAT BAYI

PERTAMA - Memandikan Bayi Agar Tidak Kedinginan 
Periksa pintu dan jendela, apakah sudah tertutup semua. Sedikit saja ada angin masuk kamar, bisa membuat tubuh bayi jadi menggigil.

Pastikan ruangan cukup hangat dan suhu air mandi sekitar 38 derajat Celcius. Coba cek dengan mencelupkan siku ke dalam air.

Begitu diangkat dari air, segera bungkus bayi dengan handuk untuk menghangatkannya.


KEDUA - Mata Bayi Tampak Selalu Terpejam 
Bersihkan matanya dengan kapas yang dibasahi air matang dari arah hidung ke telinga. Gunakan satu kapas untuk sekali pembersihan

Jika terlihat ada cairan kuning dan sangat lengket, konsultasikan ke dokter.

KETIGA - Tali Pusat Yang Masih Basah 
 Setelah bayi dimandikan, bungkus tali pusat dengan kain kassa yang dibasahi alkohol 70%. Jangan taburin apa pun, baik bedak atau antibiotika.

KEEMPAT - Bayi sering Cegukan (sampai 5-10 Menit)
Cegukan terjadi karena kontraksi mendadak otot diafragma. Susuilah ia untuk mengurangi frekuensi cegukan. Pastikan kepala bayi saat menyusui tegak. Setelah selesai, jangan lupa sendawakan.

KELIMA - Bayi Sering Menangis atau Rewel di Malam Hari
Jika karena terganggu: ninabobokan dengan bersenandung atau memutarkan lagu yang tenang sambil mengayun-ayun atau mengelus-elus punggung atau dahinya.

Atau dengan meredupkan lampu kamarnya, serta usahakan ruangan cukup hangat dan tidak pengap. Uniknya terkadang bayi merasa nyaman dengan suara-suara mesin, seperti generator atau mesin air yang berbunyi terus menerus.

Dan jika karena kolik (tangisnya terus-menerus dan melengking seperti kesakitan): gendong bayi dalam posisi rebah di dada Anda dan elus-elus atau tepuk-tepuk punggungnya. Kadang-kadang, gerakan teratur ketika kita melangkah sambil menggendongnya, membuat bayi merasa nyaman dan tertidur kembali.


Demikian tips bekal merawat bayi dari kumpulan kliping lama saya. ^_^ Semoga bermanfaat.  

No comments:

Post a Comment