26 Apr 2016

TIPS DAN TRIK MENGHINDARI PEMBOROSAN SAAT LEBARAN

Trik Menghindari Pemborosan - Karena ingin merayakan dengan istimewa, tak jarang pengeluaran membengkak di hari Lebaran. Untuk itu simak tips berikut ini agar terhindar dari pemborosan.


Mencermati Pos Baru dan Pos Lama
Cermati munculnya pos-pos baru atau pos-pos lama yang angkanya berlipat di hari Lebaran. Misalnya, sembako yang hargana melambung karena kebutuhan meningkat. Dan untuk pos-pos baru atara lain pemberian hadiah lebaran untuk pekerja di rumah, kerabat ataupun tetangga dan biaya mudik.

Perencanaan Matang Sebelum Lebaran 
Semua pengeluaran besar akan lebih mudah jika dananya dipersiapkan jauh-jauh hari. Jangan mengandalkan THR alias Tunjangan Hari Raya ataupun bonus lain untuk pengeluaran ini. Perencanaan, paling tidak, dilakukan dua bulan sebelum hari "H". Perencanaan yang baik akan mengurangi biaya yang tidak perlu.

Jangan Habiskan
Kebutuhan Lebaran jangan sampai mengganggu tabungan. Dengan begitu, anda bisa terhindar dari masa-masa sulit setelah Lebaran. Jadi, jangan habiskan tabungan Anda untuk berlebaran.

Menyingkapi Diskon Lebaran dengan Bijak 
Hari raya identik dengan pesta dan pakaian baru. Apabila anda memutuskan untuk membeli pakaian, sebaiknya sewajarnya saja. Biasanya, menjelang lebaran, banyak toko menawarkan diskon. Jangan terjebak dengan bujuk rayu potongan harga, perhatikan hal berikut ini:

Pertama, belilah busanan karena memang Anda membutuhkannya, bukan karena sedang Diskon.

Kedua, Jangan membeli dalam jumlah yang terlalu banyak hanya karena sedang diskon. Ingat! ketika lebaran, seberapa sering sih Anda berganti baju pergi dalam sehari? Kalau Anda melakukan silahturahmi dari rumah ke rumah, baju Anda mungkin akan sama dalam sehari.

Ketiga, tidak semua barang diskon harus dibeli. Jika anda membeli barang hanya karena barang itu sedang diskon, maka sepanjang tahun pasti akan selalu diskon. Misalnya diskon akhir tahun, diskon liburan sekolah, diskon hari kemerdekaan, dan diskon lainnya.


Sumber: Kumpulan Kliping Lama ^_^ 

Baca juga TIPS MENYIMPAN MAKANAN SAAT LEBARAN










No comments:

Post a Comment