26 Apr 2016

TIPS MENYIMPAN MAKANAN SAAT LEBARAN

Tips Menyimpan Makanan Saat Lebaran - Agar praktis biasanya beberapa hari sebelum lebaran kita biasa membeli bahan makanan. Lalu bagaimana agar makanan tersebut tetap segar, berikut tips memilih dan menyimpan makanan:

  1. Sayuran - Khusus sayuran, buah-buahan dan bahan segar lainnya lebih baik dibeli menjelang lebaran karena kesegaran bahan makanan ini turut menentukan pula kualitas gizinya.
  2. Simpan sayuran dan buah-buahan di dalam kulkas setelah dicuci dalam air mengalir dan dimasukkan ke dalam plastik yang berlubang. Pastikan lemari pendingin untuk menyimpan persediaan makanan lebaran dalam kondisi yang baik.
  3. Jika tida ada kulkas, sayuran dapat disimpan di tempat yang sejuk seperti di kamar mandi dengan sesekali dipercik air supaya tetap lembab dan segar.
  4. Hidangan-hidangan lebaran seperti opor, rendang dan semur dapat disimpan di freezer setelah dimasukkan dalam kantong-kantong plastik dalam keadaan dingin (Ingat! Jangan dimasukkan saat makanan masih dalam keadaan Panas).
  5. Dan usahakan untuk tidak memasukkan hidangan lebaran tersebut sekaligus dalam satu kantong. Bagilah hidangan tersebut ke dalam beberapa bagian yang kira-kira dapat habis untuk porsi sekali makan. 
  6. Selalu panaskan kembali makanan sebelum dihidangkan untuk menghindari keracunan akibat mikroba.
Selain sayuran, buah-buahan dan bahan segar lainnya. Berikut tips menyimpan ketupat agar tetap cantik dan awet.

Kita tahu kalau ketupat sudah menjadi primadona saat lebaran, karena selain memang sudah tradisi, ketupat juga awet selama 2 kali dua puluh empat jam, sehingga tak perlu lagi repot masak nasi selama merayakan hari raya.

Agar ketupat tidak lekas basi, masak hingga tanak benar, minimal 4-8 jam dengan api kompor. Jika memasak sendiri di rumah, pilih selongsong ketupat yang masih segar, supaya hasil akhirnya cantik menarik.

Setelah ketupat matang, angkat dan segera siram dengan air es supaya ketupat tetap cantik kuning dan tidak mudah basi. Ketupat dapat juga disimpan dalam kulkas, dan kukus lagi ketika akan disantap.



Sumber: kumpulan kliping lama ^_^  *** Semoga Bermanfaat ***

Baca juga TIPS DAN TRIK MENGHINDARI PEMBOROSAN SAAT LEBARAN

No comments:

Post a Comment