17 Oct 2014

Jenis Zakat, Nishab, % dan Waktunya

Jum’at malam saya temukan secarik kertas brosur diantara tumpukan kertas dan buku  yang berantakan di meja kerja. Tertulis dikertas tersebut “Perhitungan Zakat Praktis”. Sambil membacanya saya mengingat-ingat asal selebaran brosur ini. O yah, saya mendapatkannya sudah berada di atas meja kerja saya beberapa hari sebelum Idul Adha. Dari isinya brosur ini sesuai dengan judulnya cara menghitung zakat berdasarkan jenisnya. Saya fikir sayang banget kalau hanya diselebaran tersebut dan hanya segilintir orang yang tau info tersebut, padahal banyak juga yang membutuhkan informasi ini. 

Perhitungan Zakat Praktis

No
Jenis
Nishab
%
Waktu
1
Zakat Penghasilan
520kg Beras
2.5%
Setiap Menerima
2
Zakat Emas / Perak
85 gr Emas
2.5%
1 Tahun
3
Zakat Tabungan
85 gr Emas
2.5%
1 Tahun
4
Zakat Investasi
85 gr Emas
2.5%
1 Tahun
5
Hadiah

Komisi 10%
Hibah 20%
Setiap Menerima
Setiap Menerima
6
Zakat Perdagangan
85 gr Emas
2.5%
1 Tahun
7
Zakat Perusahaan

2.5%
1 Tahun
8
Zakat Fitrah

2.5 kg beras
1 Tahun
Sumber: Yayasan Insan Madani Jambi

Misalkan Penghasilan kita Rp. 5.000.000,- maka zakat penghasilan yang dibayarkan:
Rp. 5.000.000,- x 2,5% = Rp. 125.000,-

Oke sekian informasinya. Untuk yang mau nambahin silakan tinggalkan komentarnya. :-)