18 Oct 2014

Kenikir sebagai Lalapan Favorit


Kenikir - walaupun tanaman satu ini  sudah dikenal dan banyak dimanfaatkan sebagai lalapan dan campuran untuk pecel oleh masyarakat Jawa tetapi ternyata masih banyak kalangan diluar masyarakat Jawa yang belum mengetahui tanaman ini. Mungkin pernah lihat tetapi tidak tau kalau tanaman ini adalah kenikir dan mengira ia adalah tanaman liar padahal termasuk tanaman sayuran yang biasa dimanfaatkan untuk lalapan dan sangat enak jika diurap. hmm yummi ...

Tanaman Kenikir dipekarangan  kak Siro


Apa itu Kenikir?

Kenikir atau cekla cekli atau puring (dalam bahasa jawa) merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di Indonesia dengan nama latin cosmos caudatus dan termasuk tanaman perdu. Biasa tumbuh di dataran rendah hingga pegunungan diketinggian tertentu. Masyarakat Jawa sering menanamnya sebagai pagar tanaman atau tanaman hias disekitar rumah. Kenikir memiliki tangkai daun yang panjang dan daunnya sendiri berjari-jari terbagi menjadi 2-3 tangkai, sedikit beraroma sengir, dan berakar tunggang. Bunga kenikir ada yang berwarna kuning, merah keputih-putihan.


Bagaimana Cara Memperbanyak Kenikir?

Kenikir bisa tumbuh baik dengan keadaan tanah yang subur dan berpasir dengan sinar matahari yang cukup. Caranya dengan menyebarkan biji-biji kenikir yang berbentuk panjang kelahan yang sudah disediakan (bisa juga dipot).


Apa Manfaat Kenikir?
  • Sebagai pelengkap makanan.
Kenikir di olah sebagai lalapan atau salad. Ambil daun muda kenikir, cuci bersih, bisa langsung disantap dengan sambel bawang, sambel terasi. Apalagi disantap saat nasi masih panas. hmm.... Dan jika mau bisa direbus dulu, jangan lupa campurkan irisan bawang merah dan garam. Sedapnya... apalagi makannya sama sambel terasi yang dikasih potongan jeruk nipis... (aduh jadi ngiler ni yang nulis)
Selain untuk konsumsi sendiri, kenikir bisa dijadikan makanan yang bernilai ekonomis seperti warung pecel dan urap kenikir, cocok juga sebagai menu di restoran. (yang otaknya bisnis langsung jalan nih :D ).
  • Manfaat selanjutnya kenikir sebagai obat dan kesehatan silakan baca disini Kasiat Kenikir.
  • Kenikir sebagai pengusir serangga dan alang-alang. Caranya dengan menanam kenikir diantara tumbuhan yang kita pelihara.

Catatan: 
Terdapat tanaman yang menyerupai tanaman kenikir yang berbunga kuning. Tanaman ini tidak bisa untuk dikonsumsi. Kita bisa membedakannya dari harumnya. Jika kenikir berbau harum, tanaman yang serupa ini berbau tidak enak seperti bau kentut.