21 Oct 2014

Kasiat Kenikir

Kasiat Kenikir - Kenikir sebagai salah satu tumbuhan perdu yang banyak kita jumpai di Indonesia sebagai lalapan khususnya dikalangan masyarakat Jawa ternyata juga memiliki kasiat bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya sebagai berikut:

Penambah Nafsu Makan
Bagi anda yang mengalami problem nafsu makan berkurang bisa mencoba cara ini, yaitu dengan mengkonsumsi daun kenikir sebagai lalapan ditemani oleh sambal jeruk nipis. Hal ini karena kenikir memiliki aroma yang menggugah selera makan. 

Ambil segenggam (lebih boleh) daun kenikir yang masih muda, cuci bersih, lalu setelah ditiriskan daun kenikir siap dimakan. Alternatif lain bagi anda yang tidak menyukai lalapan mentah, Anda bisa merebus daun kenikir terlebih dahulu dengan tambahan daun pucuk ubi kayu dan irisan bawang merah. Ingin variasi rasa lain, anda bisa mengolah daun kenikir menjadi urap kenikir, resep bisa dilihat disini Resep Urap Kenikir.


Mencegah Penuan Dini
Anda mau awet muda?. Sering-seringlah konsumsi daun kenikir sebagai lalapan atau sebagai menu olahan lain. Disarankan lebih baik lalapan daun segarnya karena daun kenikir yang masih segar memiliki lebih banyak kandungan antioksidannya.


Mengatasi Bau Badan dan Bau Mulut
Mengkonsumsi daun kenikir yang masih segar secara rutin sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau badan dan bau mulut yang tidak sedap. Gak percaya?? praktekkan langsung dong!. :-)


Pencegah Kanker dan Obat penyakit lainnya
Khasiat kenikir lainnya adalah sebagai penguat lambung, tulang, dan jantung, sebagai pencuci darah dan memperbaiki peredaran darah. Untuk pengobatan dari luar, kita bisa memanfaatkan bunga kenikir untuk mengatasi penyakit gondongan dan pembengkakan payudaara caranya sangat mudah cukup oleskan bagian yang sakit dengan campuran cuka dan bunga kenikir yang sudah ditumbuk halus.

Catatan: 
Lengkapi pengobatan dengan doa, ketekunan, keyakinan, tawakal, sabar dan sedekah. Satu lagi be positive thinking. Dan untuk yang sedang sakit cepat sembuh ya, yang sehat semoga selalu sehat. Aamiin.


<--------- Baca juga  Kenikir sebagai lalapan favorit