30 May 2015

Bagaimana Cara Membuat Keripik Singkong Yang Renyah?

Di artikel sebelumnya saya ada posting artikel tentang kapur sirih sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit, dan ternyata masih ada lagi manfaat kapur sirih loh yaitu sebagai salah satu cara agar keripik singkong yang kita buat menjadi keripik yang tidak sekedar enak tetapi juga terasa renyah.

Tentu buat pembisnis keripik singkong, rasa dan tekstur keripik yang enak dan renyah merupakan hal penting. Dan bagi konsumen maupun para pecinta keripik singkong sangat menyukai keripik  yang mudah dimakan, terasa renyah, tidak melempem dan tidak keras. 
 
Dan seiring waktu sekarang keripik singkong memiliki banyak rasa seperti keripik singkong rasa barbeque, keripik singkong rasa balado, keripik singkong rasa keju, dan banyak lagi. Merk keripik singkong pun sekarang juga banyak seperti Keripik Maicih, Keripik Karuhun, Coketen Keripik Singkong, Keripik NyakBabe, dsb.

Berikut salah satu cara mengolah singkong menjadi keripik yang empuk dan renyah, yaitu sebagai berikut:
  1. Kupas singkong
  2. Lalu cuci bersih
  3. Siapkan 1 baskom untuk tempat potongan atau irisan singkong
  4. Lalu isi baskom tersebut dengan air bersih dan campurkan 1 sendok air kapur sirih
  5. Potong/ rajang tipis singkong, letakkan di baskom yang berisi air campuran kapur sirih tadi
  6. Lakukan sampai singkong telah di rajang semua.
  7. Panaskan Wajan / Penggorengan
  8. Masukkan minyak goreng (sebaiknya jangan menggunakan minyak goreng curah, karena akan ikut mempengaruhi rasa dari keripik itu sendiri)
  9. Setelah minyak panas, gorenglah sebian demi sebagian singkong yang sudah di Rajang tadi
  10. Tiriskan
Hal penting lainnya, perhatikan juga pemilihan bahan bakunya yaitu singkong. Silakan baca juga tips memilih ubi untuk mengetahui singkong yang berkualitas.

Dan mumpung sebentar lagi lebaran pastinya banyak yang butuh suguhan buat tamunya, disini kesempatan kita untuk menjadikan keripik singkong sebagai peluang untuk mendapatkan uang. Caranya dengan menjual keripik singkong dalam kemasan ½ kg – 1 kg, kita bisa memulai menawarkan ke sekolah-sekolah, maupun kantor. 
 
Karena nawarinnya pas bulan ramadhan, jadi orang pada puasa maka buatlah sample kecil agar bisa di bawa pulang oleh target konsumen kita selipkan juga no hape kita yang bisa dihubungi. Dan kalau perlu besoknya samperin orangnya, tanyakan bagaimana pendapatnya tentang keripik kita dan apakah mau memesan.

Oke sekian dulu, silakan di coba. Semoga sukses ya say … (hihi pakai gaya Rita Sugiarto)

No comments:

Post a Comment