20 May 2015

Manfaat Kapur Sirih, Sabun dan Getah - Cara Efektif Menghilangkan Kutil

Taukah anda apa itu kutil? kutil adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus dan termasuk penyakit tumor jinak, cirinya adalah kulit yang menebal membentuk benjolan-benjolan kecil dengan permukaan tidak rata seperti bunga kol. Walau dipegang kutil tidak membuat penderitanya merasakan sakit, namun kutil membuat penderitanya merasa tidak nyaman, hal ini  mempengaruhi rasa percaya diri penderitanya.  Terdapat beberapa jenis kutil, ada yang hanya satu atau lebih yang menyebar di area seperti di telapan kaki, tangan ataupun bagian tubuh lainnya. 

Beberapa jenis kutil yang pernah saya lihat adalah kutil yang menyebar di telapak tangan dan punggung kaki, saya yang melihatnya saja begitu risih. Hal itu terjadi pada seorang tetangga saya, orangnya cantik, putih, bersih namun karena berkutil, membuat semua kelebihannya berkurang. Tetapi alhamdulilah sekarang dia sudah bebas dari kutil. Sebelumnya sudah banyak cara dicobanya untuk menghilangkan kutil tersebut. Menurut ceritanya hampir setiap periode tertentu dia memotong kutil-kutil tersebut dengan menggunakan penjepit kuku, cara ini memang sedikit membantu menyamarkan bentuk kutil tersebut namun tidak membuat kutil-kutil tersebut lenyap. Menggunakan obat khusus kutil pun sudah dicobanya hasilnya kutil satu hilang tetapi tumbuh lagi ditempat lain namun tetap di area kaki. Usahanya akhirnya menemukan jalan keluar saat seseorang memberitahu untuk mengobati kutil dengan getah jambu monyet (jambu mente), caranya adalah cukup dengan mengoleskan getah jambu monyet ke area yang terinfeksi kutil - diamkan beberapa lama - hal ini dilakukan secara rutin setiap hari - InsyaAllah kutil akan lenyap dan tidak kembali lagi.

Selain getah jambu monyet obat kutil lainnya adalah kapur sirih dan sabun, kapur sirih sangat mudah kita temukan di Pasar Tradisional. Berikut cara menyembuhkan kutil dengan kapur sirih dan sabun:
Sediakan kapur sirih dan sabun - campurkan kedua bahan secara merata - lalu oleskan ke kulit yang terinfeksi kutil dengan menggunakan cotton bud - diamkan sampai kering - bersihkan - lalu bersihkan sisa ramuan dengan mencucinya - lakukan pagi dan menjelang tidur - kutil akan terlepas dengan sendirinya setelah beberapa kali pemakaian.
Hal penting yang perlu di ingat adalah:
  1. Gunakan kapur sirih yang masih fresh atau masih hidup, jangan menggunakan kapur sirih yang telah mati. Itu kata mama' saya (Kalau anda tidak mengetahui ciri-cirinya,  saat membeli tanyakan kepada penjualnya). Kapur sirih dapat kita beli di pasar tradisional.
  2. Sabun yang baik adalah sabun colet, tetapi dapat juga menggunakan sabun mandi kesehatan seperti lifebuoy
  3. Oleskan campuran bahan ini hanya di area yang terinfeksi, karena jika sampai terkena kulit yang sehat, kulit akan kering.
  4. Pemakaian campuran bahan ini akan membuat kutil yang semula tidak terasa apa-apa menjadi terasa gatal sampai sedikit perih. Untuk itu jangan menggaruknya, karena perasaan gatal tersebut merupakan proses pengobatan. Tahanlah sebentar, bukankah kesembuhan anda sangat penting?.
  5. Ingat! penyembuhan butuh proses, bukan sekedar sekali pakai langsung hilang. Namun dibutuhkan kesabaran untuk tetap rutin mengobatinya. Walaupun pengalaman dari mereka, kutil sudah lenyap setelah 3 hari - 1 minggu pemakaian rutin.
Kapur sirih plus sabun, dan getah jambu monyet terbukti manjur untuk melenyapkan kutil. Dan jika anda telah mencoba kedua cara tersebut secara rutin dan dalam jangka panjang tetapi belum juga beroleh kesembuhan, bolehlah kiranya anda mencoba cara lain. Tips lain untuk menghilangkan kutil adalah dengan buah kates/ pepaya yang masih muda/printil, dan bisa juga dengan buah mengkudu/ pace. Caranya buah tersebut di bakar  di atas lilin / lampu minyak / kompor namun jangan sampai mutung, cukup di bakar sampai panas. Selanjutnya di nyonyoin ke kutil secara berulang sampai buah pace/pepaya tidak panas lagi - lakukan setiap hari sampai kutil lepas. NB: cara ini tidak cocok untuk menghilangkan kutil yang ada di wajah. 

Kapur Sirih dan Pisang
Oya sobat ternyata kapur sirih juga bisa loh untuk mempercepat proses masak pada pisang. Caranya dengan mengoleskan kapur sirih disekitar pangkal pisang, lalu dijemur di terik matahari selama beberaja jam, selanjutnya disimpan dalam kain dan diletakkan di wadah tertutup. Lihatlah setelah 3 hari sampai 1 minggu. 
Semoga bermanfaat.