20 May 2015

Ide Peluang Usaha Dadakan Menjelang Lebaran 1 - Jualan Kue Kering

Bulan puasa sebentar lagi tiba, ada yang ngebayang mau buka usaha buat namba-nambah penghasilan. Banyak banget kok peluang usaha yang bakal laris manis menjelang puasa dan lebaran, tinggal cara promosinya lagi dan yang penting action dulu. 

Dibayangan saya banyak banget ide-ide peluang usaha buat menyambut ramadhan dan lebaran, di antaranya sebagai berikut:
  • Peluang Usaha Kue Kering
Buat kamu yang hobi dan jago masak peluang ini tentu sangat menarik bukan?. Selain dapat menghasilkan uang juga sebagai sarana untuk mengekspresikan bakat dan hobi kamu dibidang masak-memasak. Di bayangan saya kalau saya bisa memasak dan membuat kue, saya akan membuat beberapa kue kering dulu lalu narsis-narsisan buat branding. Maksudnya narsis yang bermanfaat sebagai promosi diam-diam.

Contoh narsisnya: Pas mau niat beli bahan buat dulu postingan di sosmed "InsyaAllah besok mau kepasar beli bahan kue, siapa yang mau ikutan", terus pas besoknya mau berangkat buat lagi status "otw ke pasar angso duo buat beli bahan kue sambil jjp (jalan-jalan pagi)", lalu pas sudah di pasar kalau tempat dan kondisinya aman - buat lagi status "sampai pasar sepi banget pengunjungnya, tapi buat nyaman kalau gini. Lanjut cari bahan buat kue, hayuk ...." .  Pas sudah sampai rumah nyetatus lagi plus statusnya tambahin poto isi belanjaannya "akhirnya sampai juga dirumah, bla...bla...bla...". Begitu seterusnya nyetatus promosi diam-diam (apa tu istilahnya, softselling kalau g salah).
Dan kalau kuenya sudah jadi plus sudah tersusun cantik, baru hard selling dengan menyisipkan kalimat di status "terima pesanan kue kering" jeberin dech, keunggulan kue kering buatan kita misal keunggulan kue kering kita adalah tanpa pengawet, tanpa pemanis sintetis/buatan, dll. Terus buat juga promo supaya orang tertarik, seperti beli 1 toples bonus senyum manis pembuat kue .... atau free ongkir  dengan syarat ambil sendiri di tempat. :D
Buatlah satu buku orderan untuk mencatat pesanan (nama konsumen, no. Hp, Tgl pesanan, Jenis Kue yang dipesan + jumlahnya, total pembayaran, dll).
Selain pemasaran online via medsos, pasang juga di media iklan gratis seperti olx, kaskus, dll. Untuk pemasaran offline, buatlah brosur minimalis yang sederhana menggunakan kertas A4 di potong menjadi 4 bagian. Sebarkan ke kantor-kantor seperti instansi pemerintah, sekolah, dll. Jangan lupa cantumkan no hape buat pemesanan. Jika tidak bisa membuatnya sendiri gunakan jasa rental, lalu poto copi.
Terus kapan bagusnya buat mulai? ... baiknya ya sekarang sesegera mungkin. Mumpung lebaran masih 1 bulan lebih.
Dan buat yang nggak punya bakat atau modal buat kue kering sendiri, tetapi kepengen jualan kue kering. Bisa juga memulai usaha ini, caranya dengan menjual produk kue kering milik orang lain.
Note: cari di google dan pelajari jenis kue kering terbaru, kue kering yang laris dan pasaran harga kue kering yang bakal kita jual.
 Oke sekian dulu ceritanya, semoga bermanfaat.